Inilah Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi A3

Xiaomi Mi A3 akhirnya resmi dirilis pertama kali di Spanyol, pada Rabu (17/07) malam. Spesifikasinya persis smartphone Xiaomi yang hanya beredar di China saja, yakni Mi CC9e, namun dengan sistem operasi Stock Android.


Dapur pacu Mi A3 memakai Snapdragon 665. Chipset ini sebetulnya masih generasi Snapdragon 660, namun dengan fabrikasi 11 nm dan Adreno 610. Sementara Snapdragon 660 sendiri masih memakai fabrikasi 14 nm dan memakai grafis dari Adreno 512. Sehingga Snapdragon 665 secara kualifikasi lebih baik, meski secara performa hampir sama saja dengan Snapdragon 660.

Saat dirilis, Mi A3 hanya memiliki satu varian RAM saja, yakni 4 GB sementara memori internalnya ada dua jenis, yakni 64 GB dan 128 GB. Memorinya juga bisa ditambahkan melalui slot SIM Card hybrid. Sementara baterainya memiliki daya yang cukup besar, yakni 4.030 mAh dengan dukungan fitur fast charging 18 watt. Sayangnya charger fast charging ini bukan merupakan paket pembelian.

Layar Xiaomi Mi A3 memakai AMOLED dengan lebar 6,1 inci. Dengan layar jenis ini, Xiaomi pun akhirnya membenamkan in-display fingerprint sensor sebagai salah satu fitur pengaman. Sayangnya resolusi layar ini hanya mentok di 720 piksel.

Kamera belakang Mi A3 memiliki konfigurasi dari tiga buah kamera vertikal yang berurutan memiliki resolusi 48 MP, 8 MP ultra wide, dan 2 MP depth sensor. Bagian belakang ini memakai bodi kaca yang memberikan kesan cukup mewah. Sementara di bagian depan ada kamera 32 MP yang ditempatkan di poni waterdrop di ujung layar.

Pilihan warna Xiaomi Mi A3 mirip seperti Google Pixel, yakni Kind of Gray (Abu-Abu), Not just Blue (Biru), dan More than White (Putih). Harganya mulai dari €249 atau setara dengan Rp3,9 juta hingga €279 atau sekitar Rp4,2 juta.

Xiaomi Indonesia memastikan tidak akan membawa Mi A3 ke tanah air. Kabarnya mereka sedang menyiapkan kejutan lain buat para Mi Fans disini.