Nubia Red Magic 3: Calon Pesaing Ketat ROG Phone di Indonesia

Nubia kembali membuat gebrakan dengan melanjutkan produksi smartphone gaming andalan mereka. Anak usaha ZTE ini kembali merilis Red Magic 3, sebagai penerus Red Magic dan Red Magic Mars. Kabar baik dari itu semua, Nubia bakal membawa smartphone ini ke Indonesia.

Nubia sendiri memang tidak begitu terdengar gaungnya di tanah air. Smartphone seri M2 yang mereka andalkan terkesan hilang ditelan smartphone baru dengan fitur mutakhir yang dirilis oleh nama-nama besar.



ZTE Mobile Indonesia pun tak terdengar merilis smartphone baru di sini. Kalau nama ZTE banyak ditemukan di pasar, itu karena mereka memang fokus dalam melakukan penetrasi di industri telekomunikasi diluar smartphone. Makanya ketika terdengar kabar Red Magic 3 bakal dipasarkan secara global termasuk ke Indonesia, banyak yang berharap ZTE ikut peta persaingan pasar smartphone lagi.

Nubia Red Magic 3 diharapkan mampu mengangkat kembali nama besar ZTE maupun Nubia sendiri. Pasalnya Red Magic 3 ini bisa menjadi satu-satunya smartphone gaming dengan chipset flagship yang beredar di pasar Indonesia. Saat ini, baru Asus ROG Phone yang bercokol dalam daftar. Apabila Red Magic 3 masuk, tentu bisa menjadi pilihan paling baik dari sisi chipset yang dipergunakan dan komparasi harganya.

Red Magic 3 memakai chipset flagship terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 855. Dengan clockspeed prosesor hingga 2,84 GHz, Red Magic 3 juga ditopang dengan tiga pilihan RAM, yakni 6 GB, 8 GB dan 12 GB. Baterainya 5000mAh tergolong jumbo untuk ukuran smartphone flagship. Besarnya baterai ini pun sudah didukung oleh fitur fast charging dengan kapasitas pengisian 18 W.

Diatas kertas, spesifikasi smartphone gaming ini bakal lancar jaya dalam memainkan PUBG Mobile, Vainglory, Fortnite, Asphalt 9, dan game-game berat lainnya tanpa lag. Namun masalah umum dalam smartphone gaming adalah panas. Makanya beberapa smartphone gaming membuat beraneka ragam cooling system. Ada yang memakai liquid cooling system seperti Xiaomi Blackshark dan vapor chamber layaknya Razer Phone dan ROG Phone.

Khusus untuk ROG Phone sendiri ada pendingin tambahan ketika vapor chamber dirasa tidak cukup membuang panas. Asus menyediakan AeroActive Cooler yang dijual terpisah. Sekedar informasi, edisi lengkap ROG Phone beserta aksesorisnya termasuk kipas pendingin itu bisa mencapai Rp30 jutaan.

Pada Red Magic 3 ada dua jenis pendingin yang bekerja bersama-sama secara hybrid. Pendingin pertama terbuat dari kipas angin pembuang panas dengan kecepatan 14.000 rpm, sehingga Red Magic 3 didaulat sebagai smartphone gaming dengan kipas angin built-in pertama di dunia.

Pendingin Red Magic 3 yang kedua merupakan pendingin cair. Nubia mengombinasikan cairan di tabung pendingin, tembaga konduktor suhu tinggi, dan batang karbon berlapis untuk menciptakan pendingin cair ini. Bersama kipas angin tadi, sistem pendingin ini bahu membahu membuang panas dari dalam smartphone. Nubia mengklaim kalau sistem ini mampu bertahan hingga 30.000 jam atau 3,5 tahun.

Menariknya dengan sistem pendingin yang memungkinkan pembuangan dilakukan melalui lubang ventilasi, Red Magic 3 memiliki sertifikat IP 55 yang membuat smartphone ini tahan siraman air dan debu.

Di bagian depan, Nubia Red Magic 3 memiliki layar 6,65 inci dengan panel AMOLED, resolusi FHD+ 1030x2340 piksel, yang memiliki refresh rate sebesar 90 Hz. Angka refresh rate yang sama dengan milik ROG Phone ini bakal meningkatkan kehalusan layar ketika game maupun video dimainkan. Layar ini tidak memiliki poni, sehingga untuk kamera selfie 16 megapiksel dengan bukan f/2.0 ditempatkan di bezel konvensional dibagian atas. Meski tidak begitu tebal, bezel di bagian atas dan bawah ini berguna untuk game handling.

Red Magic 3 memiliki desain belakang yang tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Aksen segitiga di bagian atas dan bawah yang terhubung oleh garis LED masih dipakai di smartphone ini. Kameranya pun masih memakai kamera tunggal, yang kali ini ditingkatkan resolusinya menjadi 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586. Kamera ini mampu menghasilkan rekaman video dengan kualitas 8K.

Hal lain yang membuat Red Magic 3 absah sebagai smartphone gaming adalah keberadaan dua tombol tambahan di sisi kanan yang berguna buat menggantikan tombol R1 dan L1 kalau di console gaming. Tombol ini tidak clickable namun capacitive, sehingga tidak dibutuhkan tenaga ekstra bagi kedua jari telunjuk untuk memfungsikannya.

Untuk menambahkan pengalaman gaming semakin menyenangkan, sound system Red Magic 3 ditopang oleh DTS:X Surround Sound yang menghasilkan suara dramatis, dan tiga mic dengan noise cancellation yang berguna buat para streamer dalam menginput suara. Oh iya, Red Magic 3 tentu masih menambahkan headphone jack 3,5 mm.

Dari sisi software, Red Magic 3 memakai Android 9 murni. Didalamnya ditambahkan “Game Space 2.0” yang berguna sebagai dasbor untuk menyimpan pengaturan seluruh game yang telah diinstal. Pada dasbor ini, pengguna bisa mengatur kecepatan kipas, perekaman layar, maupun pilihan notifikasi yang muncul ketika bermain game. Komplit.

Perpaduan chipset flasghip, grafis ciamik, dan software murni tanpa bloatware, membuat Red Magic 3 mendapatkan skor AnTuTu yang melampaui Mi 9 sebagai pemegang puncak klasemen. Red magic 3 mendapatkan skor 377.000, sementara smartphone Xiaomi itu memperoleh 371.000.

Nubia menawarkan empat warna untuk Red Magic 3. Ada hitam, merah, camouflage yang mirip army-look, dan gradasi merah-biru. Saat ini Nubia baru memasarkan Red Magic 3 warna hitam dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, dengan harga $479 atau setara dengan Rp6,8 juta. Untuk pasar Indonesia, Nubia belum memastikan waktunya kapan dan versi mana saja yang akan dibawa.

Untuk saat ini, Nubia Red Magic 3 cukup menjanjikan apabila jadi masuk secara resmi ke tanah air. Meski dengan tambahan aksesoris Gaming Port yang bakal dipinang para streamer, rasanya paket komplit smartphone ini tak lebih dari Rp10 juta. Harga ini sudah termurah, karena saingannya cuma ROG Phone yang dari sisi chipset pun sudah tertinggal satu langkah.

Spesifikasi Red Magic 3:
Layar : 6,65 inci AMOLED FHD+ 1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9
Proteksi layar : Gorilla Glass (spesifikasi tidak disebutkan)
Chipset : Snapdragon 855 octa core 2,84 GHz
Grafis : Adreno 640
RAM/Memori : 6 GB/64 GB, 6 GB/128 GB, 8 GB/128 GB, 12 GB/256 GB
Kamera : Belakang 48 MP, f/1.7, Sensor Sony IMX586, Depan 16 MP, f/2.0
Baterai : 5000 mAh
Konektivitas : Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0, GPS, USB 3 Type C
OS : Android 9 Pure


Pernah dimuat di Mojok.co