Android Q Sudah Dirilis Untuk Pengguna Pixel

Android Q ternyata sudah dirilis untuk pengguna smartphone Pixel. Pembaruan yang dikenalkan oleh Google pada Rabu (12/3) ini merupakan suksesor dari Android Pie. Meski Android yang belum bernama ini masih dalam versi beta, namun ada beberapa fitur menarik yang membuat banyak orang terkesima.

Google Pixel 3 yang sudah di-update Android Q. (Gambar: BGR.com)
Ada beberapa fitur unggulan dari Android Q ini, salah satunya adalah fitur dark mode. Kalau pada Android sebelumnya fitur dark mode alias mode gelap hanya bisa diterapkan pada beberapa aplikasi saja, pada Android versi ini ternyata bisa diterapkan semuanya.

Fitur lain yang tak kalah canggih juga disematkan untuk mendukung pengguna yang memakai smartphone lipat yang mulai dikenalkan beberapa pabrikan akhir-akhir ini. Selain itu, fitur keamanan pun telah ditingkatkan untuk mode developer pada Android Q. Jadi para pengguna bisa lebih mengatur kontrol privasi pada Android ini.

Kontrol privasi ini memungkinkan pengguna bisa mengatur izin deteksi lokasi dimana perangkat sedang dipergunakan. Jadi kalau fitur ini dinyalakan, maka aplikasi yang terinstal tidak bisa mendeteksi lokasi smartphone. Misalnya pada Google Maps, dimana saat aplikasi ini tidak dijalankan, biasanya fitur deteksi lokasinya terus berjalan tanpa sepengetahuan pengguna. Nah, pada Android Q hal ini tidak terjadi. Fitur deteksi lokasi hanya bisa berjalan ketika penggunanya benar-benar mengizinkannya.

Ada juga fitur yang menarik dari Android Q. Ya memang sih fitur ini bisa didapatkan dengan menginstal aplikasi pihak ketiga, namun hal yang berbeda ketika fitur ini hadir dari sistem operasinya sendiri. Ya, fitur ini adalah fitur screen recording alias perekaman aktivitas layar. Cara mengaksesnya hampir sama seperti mengambil screenshot pada Android sebelumnya, yakni menekan tombol volume down dan power bersamaan.

Prediksi Nama Android Q

Untuk saat ini Google memang belum memberi nama apalagi sudah bersiap-siao membuat tebak-tebakan nama Android ini. Namun seperti biasa, di internet sudah berseliweran nama-nama untuk menyebut huruf 'Q' dari Android Q. Beberaa diantaranya adalah Qurabiya, Quindim, Queen of Puddings, Qottab, Quesito, Queijadinha, maupun Quirks.

Nama-nama tersebut merupakan nama makanan di seluruh dunia yang rasanya manis. Ya, makanan manis memang menjadi ciri khas Google dalam memberi nama Android terbarunya. Lalu, anda punya usul apa?