2018-09-12

Vivo V11 Pro dan V11 Akhirnya Resmi di Indonesia, Harganya?

Cepatnya pasar ponsel di Indonesia membuat Vivo akhirnya merilis Vivo V11 Pro dan Vivo V11 pada Rabu (12/9/2018) siang. Padahal pabrikan asal Cina ini belum setengah tahun pun merilis Vivo V9 di tanah air. Bahkan suksesor V9, yakni V9 6GB belum lama pula dirilis. Namun tentu ada alasan bagi pemilik pangsa pasar di Indonesia sebesar 9 % ini.


Vivo V11 Pro membawa teknologi baru yang canggih dan baru pertama kali ini hadir di Indonesia bahkan dunia. Ponsel ini membawa teknologi Screen Touch ID yang menjadi refleksi kalau ponsel ini merupakan ponsel masa depan dan berupaya menyasar kalangan milenial. Teknologi ini memungkinkan pemindai sidik jari berada di dalam layar sehingga tidak memerluka pemindai tambahan di bodi belakang maupun bagian depan.

Selain Screen Touch ID, Vivo V11 Pro membawa spesifikasi yang cukup gahar. Ia diberi dapur pacu Snapdragon 660 AIE yang dipadankan dengan RAM 6 GB dan memori internal 64 GB yang bisa diperluas hingga 256 GB. Baterai Vivo V11 Pro ditenagai dengan daya sebesar 3400 mAh yang sudah dipasangi dual-engine fast charging.

Di bagian depan, ada layar 6,4 inci dengan panel Super AMOLED yang memiliki kerapatan 1080 x 2340 piksel. Layar ini memiliki aspek rasio 19,5:9 dan memiliki poni waterdrop yang kekinian.

Sektor kameranya sendiri, Vivo V11 Pro mengusung kamera ganda pada bagian belakangnya dengan besaran 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Untuk kamera depannya, Vivo V11 Pro memiliki 25 megapiksel dengan bukaan f/2.0 yang ada di poni waterdrop tadi. Baik kamera belakang maupun depan, sudah mendukung fitur kecerdasan buatan yang diklaim membuat hasil foto lebih baik. Khusus untuk kamera depan, selain befungsi sebagai kamera foto juga digunakan untuk face recognition.

Vivo V11

Sementara itu, Vivo V11 pun dirilis pada waktu yang bersamaan. Namun sepertinya antusiasme liputan dan sambutan penggemar gadget tanah air lebih tertarik dengan Vivo V11.

Meski begitu, Vivo V11 sebetulnya memiliki spesifikasi yang tak kalah gahar. Perbedaannya yang paling mencolok, V11 tidak memiliki Screen Touch ID serta menggunakan MediaTek Helio P60 yang dipadu dengan RAM 6 GB dan memori 64 GB.

Perbedaan lainnya adalah ukuran layar yang hanya 6,3 inci dengan aspek rasio 19:9. Dan di bagian belakang ada sensor sidik jari.

Bagian kamera juga berbeda, Vivo V11 mengusung kamera belakang ganda dengan resolusi 16 megapiksel dan 5 megapiksel. Sedangkan kamera depannya punya besaran sensor yang sama dengan V11 Pro, yakni 25 megapiksel.

Ketersediaan warna antara V11 dan V11 Pro sama saja, yakni Starry Black dan Nebula Blue. Kedua warna ini merupakan warna yang sedang kekinian, yakni mengadopsi teknik warna gradasi yang sangat cantik.

Untuk harganya, Vivo V11 dibanderol di harga Rp5 juta, semetara V11 Pro dibanderol dengan harga Rp4,5 juta. Sejak dirilis, kedua ponsel ini bisa dipesan pada beberapa ecommerce seperti Lazada, JD.ID, Shopee, Akulaku, dan Tokopedia. Untuk paket pre-order tadi, Vivo menyediakan paket bundling dengan operator Indosat IM3 yang akan memberikan pulsa Rp20.000 dan kuota unlimited untuk media sosial dan streaming YouTube selama setahun.

Seorang pekerja sosial yang suka dengan gadget dan dunia digital.