2018-09-03

Lewat Kirin 980, Huawei Saingi Snapdragon 845

Huawei merilis chipset terbarunya pada perhelatan IFA 2018 di Berlin. Chipset yang digadang-gadang sebagai pesaing Snapdragon 845 akan dijadikan sebagai chipset komersil. Ini berarti chipset pertama dari Huawei yang bisa dipakai oleh pabrikan smartphone lain.


Nama chipsetnya adalah Kirin 980. Chipset ini masuk kategori flagship, sebab selain dipasang untuk mengungguli Snapdragon 845 dari Qualcomm, juga punya arsitektur yang lebih canggih dan kekinian. Chipset ini memiliki arsitektur 7 nm yang memiliki tenaga lebih kencang sebesar 20 persen dan konsumsi daya yang lebih irit 40 persen dibandingkan chipset dengan arsitektur 10 nm seperti saingannya itu.

Chipset ini mendapat sokongan grafis GPU Mali G76 yang diklaim Huawei lebih bertenaga dan 178 lebih efisien dibandingkan pendahulunya. Istimewanya dari Kirin 980 adalah keberadaan NPU on board alias Neural Processing Unit yang sudah terpasang dari pabrikan. NPU berguna untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI) yang lazim dipakai oleh ponsel pintar masa kini.

Untuk sektor kamera sendiri, Kirin 980 bakal mendukung manipulasi kontras gambar pada moda HDR, sehingga jepretan kamera bakal lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu ponsel pertama yang memakai Kirin 980 adalah Honor 2 Magis yang juga dikenalkan pada ajang IFA 2018 di Berlin itu. Sayangnya, belum ada kabar kapan ponsel itu dirilis ataupun Kirin 980 ini diproduksi untuk pabrikan lainnya.

Saat ini, pengguna ponsel Huawei dan Honor mesti puas dengan chipset tertinggi saat ini, yakni Kirin 970. Chipset ini terdapat pada Huawei Mate 10, Huawei P20, Huawei P20 Pro, Honor Play, Honor 10, dan Honor View 10.

Seorang pekerja sosial yang suka dengan gadget dan dunia digital.