2018-09-05

IG Shopping, Aplikasi Belanja dari Instagram?

Facebook sepertinya memiliki rencana besar untuk melakukan penetrasi ke bisnis e-commerce. Pasalnya setelah sukses merilis Marketplace di Facebook, kali ini aplikasi yang menjadi 'cabangnya' pun ikut-ikutan. Ya, Instagram sedang menyiapkan aplikasi terpisah untuk aktivitas belanja penggunanya.


Dirilis dari The Verge, Instagram sedang menyiapkan aplikasi belanja sendiri yang terpisah dari aplikasi Instagram yang sudah mapan. Aplikasi ini ini bakal memungkinkan pengguna Instagram untuk mencari dan melakukan pembelian dari barang yang mereka inginkan secara langsung di aplikasi tersebut. Ada yang menyebut kalau aplikasi ini disebut dengan IG Shopping, namun Instagram masih bungkam terkait proyek tersebut.

Aplikasi belanja di Instagram memang dibutuhkan, setidaknya oleh Instagram sendiri untuk mendulang keuntungan selaku marketplace. Pasalnya ada 25 juta pemilik bisnis yang mengoperasikan akun Instagram mereka untuk berjualan di platform berbagi gambar tersebut. Dari 25 juta itu, 2 juta diantaranye mengiklankan dirinya secara resmi di Facebook Ads. Sekedar informasi, Facebook Ads memang terhubung dengan Instagram.

COO Facebook, Sheryl Sandberg, mengatakan kalau para pengiklan itu merupakan penyumbang keuntungan paling banyak bagi Facebook. Dan bisnis ini bakal berkembang, sebab 4 dari 5 pengguna Instagram menjadi pengikut dari akun bisnis tadi.

Sebetulnya, fitur belanja di Instagram sudah dirilis sejak November 2016. Namun keberadaannya masih tersambung dengan aplikasi Instagram dan belum berfungsi selayaknya marketplace yang menjadi perantara jual-beli.

Kalau IG Shopping, atau apapun namanya, jadi dirilis, maka Instagram bakal punya aplikasi tambahan lagi setelah IG TV berhasil menyita perhatian beberapa waktu lalu.

Seorang pekerja sosial yang suka dengan gadget dan dunia digital.