Oppo F9 Hadir dengan Isi Daya Cepat dan Pelindung Gorilla Glass 6

Akhirnya Oppo merilis F9 setelah beberapa kali tampak bocorannya di internet. Penerus Oppo F7 ini cukup mengejutkan sebab hanya berselang empat bulan saja setelah pendahulunya itu dirilis pada Maret kemarin. Ada apa?

Oppo tampaknya ingin segera mengenalkan desain terbarunya menyusul Oppo Find X yang hadir tanpa poni. Oppo F9 pun begitu meski poni itu tak bisa benar-benar hilang. Ia masih menyembulkan sedikit sudut di bagian atas yang menjadi tempat penyimpanan kamera depan. Alhasil rasio layar ke boinya menjadi semakin besar mencapai 90,8 persen dengan aspek rasio 19,5:9.

Layarnya sendiri memakai LTPS TFT dengan tingkat kecerahan 450 nits. Layar ini memiliki bentang 6,3 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel. Menariknya layar Oppo F9 memakai varian terbaru pelindung kaca dari Gorilla Glass, yakni Gorilla Glass 6. Pelindung yang juga terpasang pada Oppo R17 yang dirilis sebelumnya.

Di sisi belakang tampak kamera ganda yang dijajarkan menyamping dengan sensor pemindai sidik jari berada di tengah. Kedua kamera ini memiliki resolusi 16 megapiksel bukaan f1/1.8 untuk kamera utama, sementara kamera sekunder hanya 2 megapiksel yang berfungsi sebagai pembuat efek bokeh. Kamera depannya sendiri memiliki resolusi 25 megapiksel.

Jeroan Oppo F9 memakai memakai chipset MediaTek Helio P60 yang sudah mendukung kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). AI ini bakal dipakai untuk mendukung kamera yang menerapkan fitur AI Beautification 2.1. Sementara RAM Oppo F9 tersedia dua varian yakni 4 GB dan 6 GB dengan memori internal 64 GB. Oppo membenamkan Android 8.1 Oreo yang dikostumisasi dengan Color OS 5.2.

Yang menarik dari Oppo F9 adalah keberadaan VOOC yang merupakan fitur pengisian daya cepat dari Oppo. Oppo mengklaim fitur ini mampu mengisi baterai dalam lima menit yang bisa dipakai untuk menelepon selama dua jam. Sementara baterainya sendiri berkapasitas 3500 mAh.

Berapa harganya?

Oppo menggaransi kalau Oppo F9 ini bakal dirilis pada 23 Agustus 2018 di Jakarta. Harga resmi Oppo F9 dipatok di angka Rp4.300.000.

Ada tiga warna yang ditawarkan yakni Sunrise Red, Twilight Blue, dan Starry Purple. Warna Sunrise Red dan Twilight Blue menggunakan pola grafis yang membentuk poligon nan cantik dengan warna gradasi merah ke merah muda maupun biru gelap ke biru muda. Sementara Starry Purple dihias dengan kerlap-kerlip bintang emas, dan cocok buat yang suka dengan desain elegan dan mewah.